Pengenalan Fungsi COUNT dan Fungsi COUNTIF di Microsoft EXCEL

Assalamu'alaikum sobat. Terima kasih sudah berkunjung di primawijaya.com, Semoga sobat dalam keadaan sehat walafiat Amin. kali ini saya akan membahas tentang fungsi Excel COUNT dan COUNTIF yang mana dua fungsi ini adalah sama - sama fungsi statistik yang menghitung data atau cell dari argument tertentu. Fungsi COUNT yang dihitung hanya angka sedangkan  COUNTIF menghitung data berdasarkan kreteria. Sebelum menuju rumusnya alangkah baiknya sobat harus mengerti tentang pengertian COUNT dan COUNTIF.


Pengertian Fungsi COUNT dan Fungsi COUNTIF

#1. Fungsi COUNT salah satu fungsi statistik yang mana kegunaannya untuk menghitung data atau cell yang berisi angka dari daftar argumen. Fungsi ini berbeda dengan fungsi SUM, perbedaannya pada nilai yang di hitung. Fungsi SUM menghitung jumlah total nilai data pada setiap cell sedangkan fungsi COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya angka pada setiap cell

#2. Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah data berdasarkan kreteria tunggal. Jadi, Rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang kita tentukan.

Sintak Fungsi COUNT

1). Sintak COUNT


=COUNT(value1,[value2]...)

Keterangan Sintaks fungsi COUNT:

  • value1 Item pertama berupa referensi sel, atau range yang ingin kita hitung jumlah datanya yang berisi angka (number).
  • value2, ... (Opsional) Maksimal sampai 255 item tambahan, referensi sel atau range lain yang ingin kita hitung sel yang berisi angkanya.
2). Rumus pada COUNT Microsoft EXCEL


=COUNT(C4:C9)

https://www.primawijaya.com/2020/02/pengenalan-fungsi-count-dan-fungsi-countif.html

Pada contoh diatas rumus Count digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka pada range C4:C9. Hasilnya adalah 5. Pada range tersebut tersebut, sel yang berisi teks tidak ikut dihitung sebab fungsi Count pada excel hanya menghitung data numeric saja.

Sintak Fungsi COUNTIF

1). Sintak COUNTIF

=COUNTIF(Range,kriteria)

Dari perngertian sintak diatas kita dapat memahami bahwasannya sintak COUNTIF memiliki dua argument
  • Range
  • Satu atau beberapa sel yang akan dihitung, berisi angka atau nama range, array, atau referensi yang berisi angka.
  • Kriteria (Criteria)
  • Dapat berupa Angka, ekspresi logika, referensi sel, atau string teks sebagai syarat atau kondisi sel yang akan dihitung.
2). Rumus COUNTIF

=COUNTIF(C5:C12,"BANYUWANGI")


https://www.primawijaya.com/2020/02/pengenalan-fungsi-count-dan-fungsi-countif.html

Contoh rumus COUNTIF saya gunakan untuk mendata warga yang mana C5:C12 sebagai range (kolom C baris ke 5 sampai kolom C baris ke 12) dengan kriteria "BANYUWANGI" (warga tempat lahir Banyuwangi). Dan seperti gambar diatas rumus ini menghasilkan 2 orang yang lahir di kota Banyuwangi.

atau

=COUNTIF(C5:C12,"<80")



Contoh rumus COUNTIF saya gunakan untuk mendata nilai siswa berapa banyak siswa yang nilai dibawah 80. C5:C12 sebagai range (kolom C baris ke 5 sampai kolom C baris ke 12) dengan kriteria "<80" (nilai dibawah 80). Dan seperti gambar diatas rumus ini menghasilkan 4 siswa yang nilainya dibawah 80.

Demikian tutorial singkat tentang Pengenalan Fungsi COUNT dan Fungsi COUNTIF di Microsoft EXCEL. semoga bermaanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini supaya teman sobat tahu apa yang sobat tahu. Matur suwun,,,

Baca Juga
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad