Pengertian Bahasa Pemograman PHP Hypertext Preprocessor

Bahasa pemograman (programing language) atau bisa dibilang bahasa komputer adalah sekumpulan intruksi untuk mengolah data berupa input dan menghasilkan sebuah output. menurut Wikipedia Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Baca JugaMacam - macam bahasa pemograman

https://www.primawijaya.com/2020/03/pengertian-bahasa-pemograman-php.html

Pengertian Bahasa pemograman PHP 

Bahasa pemograman PHP Hypertext Preprocessor adalah bahasa script atau sintaks yang bisa ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. Tidak hanya berjalan melalui server lokal, PHP juga bisa menyelsaikan tugas - tugas pemograman dalam bentuk Command Line Interface (CLI).

Variabel PHP

Dalam penulisan variabel di pemograman PHP diawali dengan $. Seperti halnya bahasa pemograman lainnya dalam penulisan variabel harus unik (tidak boleh sama) dan tidak boleh ada sepasi. Contoh penulisan variabel pada PHP $nama_variabel.

Komentar atau tanda block 

Komentar atau block bertujuan untuk meninggalkan catatan pada kode PHP dan tidak akan di convert ke program. Di PHP memiliki 3 jenis sintaks sebagai komentar pada kode yaitu tanda block / * * /, 2 garis miring / /, dan pagar #.

Tipe Data

Tipe data yang ada di Bahasa Pemograman PHP sebagai berikut
  1. Integer adalah type data pada php yang berupa angka bulat seperti 1, 10, 100, 1000, type data ini sangat umum digunakan di bahasa pemrograman khusunya berkaitan dengan angka bulat.
  2. Float beda halnya dengan Integer tipe data float digunakan untuk menyimpan bilangan desimal atau angka yang ada komanya.
  3. String tipe data yang berisi text, kalimat, atau kumpulan karakter. Di PHP memakai tanda petik dua " Contoh String ".
  4. Boolean seperti bahasa pemograman lainnya, Boolean hanya mengenal 2 value yaitu True (Benar) dan False (Salah).
  5. Array dapat menyimpan satu atau lebih data dalam variabel tunggal, sesuai dengan fungsinya, tipe data array sangat berguna untuk menyimpan banyak data dalam satu variabel. array ini punya tiga jenis array, yakni numeric array, associative array, dan multidimensional array.
  6. Object tipe data yang tidak sekedar menyimpan data tetapi berisikan juga informasi bagaimana untuk mengolah data tersebut. Maksudnya, pada tipe data data lain seperti : integer, float, string hanya berisikan tipe data dia sendiri, sedangkan pada tipe data object dapat berisikan tipe-tipe data lain.
  7. Null sebuah tipe data spesial yang menunjukkan sebuah variabel belum memiliki nilai/data. Tipe data null pada php mirip dengan tipe data none pada phyton.

Kelebihan Bahasa Pemograman PHP

Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:
  1. PHP bersifat open source sehingga dapat mengembangkan PHP sesua kreasi kita.
  2. Untuk menggunakan PHP tidak membayar sepeserpu atau Gratiss.
  3. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  4. Web server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  5. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  6. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  7. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Kekurangan Bahasa Pemograman PHP

Menurut medium.com ada beberapa kekurangan untuk bahasa pemograman PHP yaitu :
  1. PHP tidak mengenal yang namanya Encoding
  2. PHP memiliki kekurangan security tertenu jika para web programmer tidak teliti
  3. Untuk menggunakannya, harus menginstal web server terlebih dahulu
  4. Tidak bisa memisahkan antara tampilan dan logic (meskipun sekarang pembuatan template lebih cendrung menggunakan html, css, dan javascript).

Demikian artikel tentang tentang Pengertian Bahasa Pemograman PHP, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman sobat, supaya meraka tahu apa yang sobat tahu. Matur suwun,,,

Baca Juga
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad