Code Editor Gratis dan Terbaik Untuk Programer Pemula biar Jago Coding

primawijaya.com - Code Editor adalah aplikasi text editor yang dirancang khusus untuk menulis dan mengedit source kode untuk membuat program komputer. Ini bisa berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau dibangun didalam IDE (Integrated Development Environment). Code editor  adalah aplikasi penting buat programer, karena tugas utama programmer adalah menulis dan mengedit source code untuk membuat sebuah program web, dekstop dan mobile(android).

Menurut wikipedia IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Baca Juga : Macam - Macam Bahasa Pemograman 2019

https://www.primawijaya.com/2020/03/code-editor-gratis-terbaik-untuk-programer-pemula.html

4 Code Editor Gratis dan Terbaik 

#1. Notepad++

https://notepad-plus-plus.org/downloads/
Software ini merupakan salah satu software text editor pertama yang dapat menunjang kegiatan coding. Selain itu notepad++ juga menjadi salah satu software text editor yang ringan. Meskipun ringan notepad++ dapat mendukung banyak bahasa pemrograman di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML dan lainnya. kalain bisa downloan disini.

#2. Visual Studio Code

https://code.visualstudio.com/download












Visual Studio Code adalah text editor coding yang satu ini merupakan keluaran dari perusahaan microsoft. Meskipun terbilang baru text editor yang satu ini sedang sangat populer dikalangan programmer. Karena visual studio code memiliki design/tampilan yang sangat baik dan memudahkan programmer. Selain itu text editor ini cukup ringan dan dapat mendukung hampir semua bahasa pemrogramman, seperti vb.net, C#, C, C++, Java, XML, HTML, .ASP, PHP dan lainnya. Meskipun text editor ini merupakan produk dari microsoft tetapi text editor ini dapat digunakan di berbagai platform seperti linux, mac os, dan tentunya windows. Untuk fitur bahasa pemograman PHP kalian harus menambah plugin atau extensions di visual studio code. klik disini kalo kalian pingin mendownloadnya.

#3. Bluefish

http://bluefish.openoffice.nl/download.html












Bluefish merupakan salah satu text editor yang canggih. Tetapi dari segi tampilan, Bluefish memang tidak sebaik visual studio code, sublime text, dan atom . Namun jika kamu hanya ingin mengoding, text editor ini bisa jadi salah satu pilihan karena ditujukan untuk pemakai yang fokus dalam pemrograman web karena itu text editor yang satu ini dapat digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman dan pastinya cross platform yang tersedia di Windows, Linux, dan Mac OS. kalain bisa download bluefish disini.

#4. Atom

https://atom.io/











Atom adalah yang di produksi oleh Github dan bisa di bilang hampir mirip dengan sublime text, atom sendiri merupakan text editor yang bersifat open source sehingga Text editor yang satu ini bisa di custom dengan mengubah file konfigurasinya. Untuk fitur lengkapnya sendiri kalian bisa menggunakan plugin yang ada, tetapi jika komputer kalian yang memiliki spesifikasi yang rendah harus memperhatikan plugin yang akan kalian gunakan. Karena beberapa plugin dapat membuat komputer anda menjadi lambat. Kalian bisa download Atom disini.

Sumber : solutech.id

Demikian artikel ini tetang Code Editor Gratis dan Terbaik Untuk Programer Pemula biar Jago Coding, semoga bermanfaat dan membantu untuk para programmer khususnya yang baru belajar koding. 

Baca Juga

Posting Komentar

2 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  1. Cool stuff you have and you keep overhaul every one of us

    notepad++ 64bit

    BalasHapus
  2. it is a good option for basic and advanced programming. thanks for sharing these information with all of us. Kinemaster Lite

    BalasHapus

Top Post Ad

Below Post Ad