Pengertian Database, Fungsi dan Jenis DBMS

Assalamualaikum, sobat. Pada saat ini teknologi informasi sudah banyak berkembang, perkembangan ini bisa dilihat dari banyaknya instansi yang menggunakan aplikasi sistem informasi dalam pengembangan manajemennya mulai dari Penjualan, Pembelian, Pembayaran dan segala sesuatu yang berhubungan dengan basis data (database). Dan kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Database, Fungsi dan jenis DBMS.

Pengertian Database atau Basisdata

Database atau bisa disebut basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri(query) basis data disebut manajemen basis data DBMS(database management system).

DBMS (Database Management System) dapat membantu dan memelihara serta pengolah data dalam jumlah besar, dengan menggunakan DBMS bertujuan tidak dapat menimbulkan kesalahan dan dapat dipakai oleh user sesuai dengan kebutuhan. Perintah atau intruksi DBMS dibedakan menjadi 2 macam diantaranya sebagai berikut :

#1. DDL (Data Definition Language)
DDL (Data Definition Language), merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat, mengubah dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database.

#2. DML (Data Manipulation Language)
DML (Data Manipulation Language), merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi data di dalam table seperti memasukkan, merubah dan menghapus isi data - dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.

Sedangkan SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data rasional, bahasa ini secara praktiknya merupakan bahasa standart yang digunakan dalam manajemen basis data rasional. Saat ini hampir semua server  basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk manajemen datanya.

Demikian Artikel tentang Pengertian Database, Fungsi dan jenis DBMS. Bila bermanfaat jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman Anda supaya teman Anda tahu apa yang Anda tahu. Matur Suwun,,,  

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad