Mengenal BLOG dan CMS terbaik

Assalamu'alaikum Sobat, pada kesempatan ini primawijayablogs.com akan membahas tentang " Mengenal BLOG Lebih Dekat ". Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan - tulisan ( yang dimuat sebagai postingan ) pada sebuah halaman web.
CMS (Content Manajemen System)

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi - aplikasi yang bersifat sumber di peruntukan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.[wikipedia] aplikasi untuk mengatur sebuah web disebut CMS dan yang punya blog disebut blogger.

Pengertian dan Manfaat CMS (Content Manajemen System)

CMS (Content Manajemen System) adalah sebuah perangkat lunak atau system yang mengatur konten pada situs web, bisa situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya.

Manfaat CMS sendiri untuk mempermudah admin (blogger) mendesain, maitenance, dan menambah admin blog.

Berikut CMS Terbaik 

#1 WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (Open Source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL keduangya merupakan perangkat lungan sumber terbuka (open source software).WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. WordPress saat ini menjadi platform conten management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama sperti CNN, Reaturs, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.[wikipedia]

#2 Joomla

Joomla adalah sistem manajemen konten bebas dari terbuka yang ditulis menggunakan PHP dan basis data (database) MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet.

Secara garis besar Joomla terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu 
  1. server web (webserver) terhubung dengan internet/intranet yang berfungsi sebagai layanan situs.
  2. Bahasa pemograman PHP terdiri dari kode pemograman dalam bahasa pemograman PHP
  3. Basis data (database) Mysql merupakan tempat penyimpanan konten.
Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basis datanya. Paket Joomla terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan.

#3 Drupal

Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, dibuat dengan bahasa pemograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB dan juga MsSQL. Webserver yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-patform sperti Microsoft Windows, Mac Os X, Linux dan FreeBSD.

Drupal dapat diunduh secara bebas alias free dan dapat digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik komunitas untuk mempublikasi, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, Namun dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF dalam membangun aplikasi berbasis Web.

Demikian artikel tentang Tips Menulis Artikel Berkualitas di Blog. Apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda dan Teman anda jangan lupa untuk men-share. Matur Suwon,,,,,

Baca Juga
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad