Jenis - Jenis Komunikasi Daring

primawijaya.com - Dikutip dari wikipedia, Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan oran lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak - gerik tubuh atau menunjukan sikap tertentu, lebih terkenalnya bahasa isyarat.

Daring dalam terjemahan bahasa inggris adalah online. Daring juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan komputer yang dapat saling bertukar informasi karena sudah terhubung ke sebuah internet.

https://www.primawijaya.com/2020/03/jenis-jenis-komunikasi-daring.html


Komunikasi Daring adalah proses seseorang dalam menggunakan informasi agar terhubung dengan orang lain melalui internet atau online. Konsepnya begini si pengirim mengirimkan sebuah informasi/data ke penerima informasi/data melalui tranmisi yang terhubung internet. ada dua jenis komunikasi daring sebagai berikut :

Komunikasi Daring Secara Sinkron (Serempak)

Konsep dari komunikasi daring secara sinkron adalah komunikasi yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan oleh pengirim data dan penerima data secara real time. Berikut macam - macam kominikasi daring sinkron.

#A. Chatting

Chatting, merupakan aplikasi yang awalnya ditunjukan sebagai sarana mengobrol melalui pesan instan pengganti pesan singkat SMS (Short Message Service). Dengan chatting kalain dapat saling berkrirm text, gambar/photo, emoji, file audio dan file video. Chatting dapat dilakukan secara pribadi (pengirim dan penerima) dan berkelompok atau goup yang mana anggotanya bisa saling berkomunikasi. Contoh aplikasi chatting : Whatsapp, Yahoo messager, BBM, hingga Facebook Messager.

#B. Teleconference

Teleconference adalah chatting berupa voice call (panggilan suara) yang dilakukan secara bersama - sama dan serempak oleh beberapa orang sekaligus. Jadi konsepnya adalah panggilan suara yang menggunakan internet dan tidak menggunakan pulsa. Contoh aplikasinya Whatsapp, BBM, hingga Facebook.

#C. Video converence

Video converence merupakan metode berkomunikasi dengan sambungan data audio dan video atau bahasa trennya adalah video call. Contoh aplikasinya Whatsapp, Skype, hingga BBM.

Komunikasi Daring Secara Asinkron (Tidak Serempak)

Komunikasi ini adalah jenis komunikasi daring yang dilakukan tidak langsung dan menglami masa jeda. Setelah menerima pesan, si penerima tidak langsung merespon atau menjawab pesan tersebut. Misalnya, pengeiriman data melalui Email. Baca Juga 4 Layanan Email

Demikian materi tentang jenis - jenis komunikasi daring semoga bermanfaat dan jangan lupa belajar. Materi untuk siswa SMK Ibrahimy 2, Simulasi dan Komunikasi Digital.

Baca Juga
Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad